Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

 Allaah berfirman:
“Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya (Raihan). Maka nikmat Rabb-mu yang mana lagi yang kamu dustakan? (Ar-Rahmaan: 12-13)

“Dan apabila dia (orang yang mati) termasuk orang yang didekatkan (kepada Allaah), maka dia memperoleh ketenteraman dan Raihan (rezeki) serta surga kenikmatan (Al-Waqiah:88-89)

Rasuulullaah sallallaah ‘alayhi wasallam bersabda:
“Barangsiapa ditawari Raihan, maka janganlah ia menolaknya. Karena raihan itu ringan dibawa dan harum baunya” (H.R. Muslim,2254).

Manfaat raihan atau daun kemangi diantaranya untuk menghentikan diare karena bad-tempered, mencegah polusi asap, menyenangkan hati, mencegah wabah dan menyembuhkan bengkak, menghentikan kerusakan pada empedu, mencegah masuknya uap yang panas namun lembab, dan apabila dihirup maka dapat berkhasiat melegakan organ hati secara signifikan, juga sebagai zat penawar bagi berbagai macam kuman dan bakteri. Tanaman kemangi juga dapat berkhasiat menyembuhkan pembengkakan yang muncul pada saluran kencing, apabila diletakkan di atasnya. Apabila daun tanaman kemangi yang kering ditumbuk halus, kemudian ditaburkan di atas luka yang masih basah, maka ia sangat berguna dalam mempercepat proses penyembuhannya. Daun kemangi Juga berkhasiat menguatkan organ-organ tubuh yang lemah, yaitu apabila daun tersebut dibalurkan padanya.

kegunaan daun kemangi bagi kesehatan
Manfaat daun kemangi untuk kesehatan
Tanaman kemangi ini juga berkhasiat untuk mengobati luka di sekitar daerah kuku. Juga bermanfaat bagi penyembuhan jerawat, bisul dan borok di sekitar tangan dan kaki yaitu dengan cara menumbuk daunnya sampai halus dan menaburkannya di atas luka. Daun kemangi yang dioleskan dan dipijatkan ke badan, berkhasiat menghentikan produksi keringat yang berlebih serta menghilangkan bau yang kurang sedap pada ketiak. Apabila daun kemangi ini direbus maka sangat berkhasiat memperlancar proses keluarnya tinja dari dubur, maupun proses persalinan melalui Rahim, juga berkhasiat mengendurkan persendian dan otot-otot yang kaku, dan jika dituangkan di atas tulang yang retak atau patah, yang masih belum menyatu, maka rebusan daun kemangi ini sangat berkhasiat membantu proses penyembuhannya.

Sedangkan biji tanaman raihan atau kemangi ini sangat berkhasiat menyembuhkan penyakit TBC, yaitu darah yang keluar dari dada dan paru-paru saat batuk. Juga berkhasiat membersihkan isi organ dalam perut. Biji tanaman raihan ini tidak kontradiktif bagi organ dada maupun paru-paru. Karena ia juga sangat berkhasiat sebagai pencuci perut dari kotoran-kotoran yang dibarengi dengan batuk-batuk, padahal khasiat seperti ini jarang dijumpai pada obat-obatan. Juga berkhasiat untuk memperlancar kencing, sebagaimana tanaman ini berkhasiat sebagai obat penawar dari gigitan ular atau serangga kalajengking. Kegunaan untuk organ jantung, tanaman ini bisa memperkuat pembuluh-pembuluh (arteri) di dalamnya.

Dijelaskan oleh Dawud Al-Anthoki menuturkan seputar khasiat-khasiat tanaman raihan ini di dalam kitabnya At-Tadzkirah li Ulil Al-Bab “bahwasanya tanaman raihan ini berkhasiat mengharumkan ruangan maupun makanan, mengharumkan bau mulut, apabila daun tanaman tersebut dikunyah dan menyegarkan organ perut. Tanaman raihan juga berkhasiat meredakan otot-otot yang kejang dan kram, sebagai penguat sel-sel urat syarat apabila stamina badan menurun, menghilangkan penyakit susah tidur (insomnia). Begitu ia sangat berkhasiat menghentikan rasa sakit pada saat haid bagi wanita, penyeimbang syaraf-syaraf yang tidak stabil, pusing dan pening kepala (vertigo, migraine), rasa mual dan mulas pada perut, dan stress.

1 comment:

  1. artikel yang menarik gan..
    untuk biji raihan itu bagaimana dosis dan aturan minumnya? kebetulan saya ingin mencobanya untuk penyakit paru paru..
    terima kasih.

    ReplyDelete