Manfaat Minyak Zaitun atau Olive Oil untuk Kesehatan


Manfaat Olive Oil atau minyak Zaitun.
Allaah berfirman:
"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun dan demi bukit Sinai dan demi kota (Mekkah) ini yang aman. (At-Tin: 1-3)
"Dan Dia-lah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu bulir yang banyak, dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allaah) bagi orang-orang yang beriman. (Al-An'am:99)

“Dia-lah yang telah menurunkan air huan dari langit untuk kamu sekalian, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu sekalian dengan air hujan itu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda kekuasaan Allaah bagi kaum yang memikirkan.” (An-Nahl:10-11).
manfaat Minyak Zaitun untuk kesehatan
Minyak Zaitun atau Olive Oil
Allaah juga menyebut pohon zaitun ini sebagai pohon yang diberkahi.
"Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat per­umpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu." (An-Nur:35).
Dipercaya minyak zaitun atau olive oil ini insya Allah berguna untuk:
-    Menurunkan kadar kolesterol
-    Memperbaiki sel kulit mati, mengilangkan kerutan-kerutan di wajah
-    Menyembuhkan kaki dan tangan yang pecah-pecah
-    Melancarkan pencernaan
-    Meningkatkan daya tahan tubuh
-    Membantu proses kelahiran
-    Mengobati  jerawat
-    Mengobati sariawan
-    Meningkatkan sirkulasi darah
-    Melindungi dan mengurangi dari serangan kanker
-    Mengobati kanker payudara, kanker Rahim, kanker lambung, dan kanker colon
-    Mengurangi timbulnya tukak lambung
-    Menekan terjadinya inveksi perut
-    Menurunkan angka kematian
-    Dan lain-lain

Banyak sekali kegunaan olive oil bagi kesehatan manusia. Salah satu contoh adalah penelitian yang dilakukan di sebuah Universitas di Amerika terhadap olive oil hubungannya dengan kutu kepala. Diungkapkan bahwa penggunaan minyak zaitun atau olive oil yang dioleskan di kepala orang yang terkena kutu kepala dapat membunuh kutu-kutu itu hanya dalam hitungan jam saja. Maka benarlah apa yang disabdakan Rasuulullaah shallallaah ‘alayhi wa sallam tentang salah penggunaan minyak zaitun atau olive oil di kepala.
Rasuulullaah shallallaah ‘alayhi wasallam bersabda: “Jadikanlah minyak zaitun sebagai lauk kalian dan minyakilah (rambut kepala) kalian dengannya, karena sesungguhnya minyak tersebut berasal dari pohon (zaitun) yang penuh berkah” (H.R. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Perlu kita ketahui bahwa ketika kita membeli olive oil, akan tercantum di label botol atau kemasan pembungkus olive oil itu jenis dari olive oil di dalamnya. Terdapat tiga macam jenis olive oil atay minyak zaitun yaitu:
1. Virgin, merupakan minyak zaitun murni tanpa campuran bahan-bahan kimia apapun.
2. Refined, merupakan minyak zaitun yang sudah diberi bahan kimia tambahan agar rasa dan kandungan asamnya tidak terlalu kuat.
3. Pomace Oilve Oil, yaitu minyak zaitun yang dihasilkan dari pelarutan bahan kimia dan ditambah dengan pemanasan.

Pada saat dijual, minyak zaitun murni atau virgin olive oil biasanya dikemas dalam 2 macam cara, yang pertama minyak zaitun atau olive oil yang dikemas dalam bentuk kapsul dan yang kedua minyak zaitun atau olive oil yang langsung di kemas di botol yang bisa langsung diminum atau dibuat masak atau dilulurkan ke badan.

Untuk manfaat olive oil jenis ini (olive oil kapsul) baik diminum oleh mereka yang tidak mau langsung meminum minyak zaitun atau olive oil seperti meminum sirup. Kelemahannya, olive oil kapsul ini jika ditelan, dari mulut akan langsung masuk ke lambung. Jadi mulai di lambung lah minyak ini beroperasi. Sedangkan minyak zaitun atau olive oil yang langsung diminum maka sangat baik untuk menghilangkan penyakit yang berada di antara mulut, kerongkongan dan lambung karena minyak zaitun yang kita minum itu melewati area tersebut.

6 comments:

  1. minyak zaitun memang merupakan salah satu anugrah Allah yang diperuntukkan sebagai obat bagi manusia.

    ReplyDelete
  2. Insyaallah mu mule konsumsi hari ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allaah mba.. baarakAllaahu fiik

      Delete
  3. Subhanallah ... Banyak sekali manfaat dari buah dan minyak zaitun ini

    ReplyDelete
  4. Memang banyak sekali manfaat minyak zaitun , share website http://www.zaitun.info informasi mengenai minyak zaitunnya lumayan lengkap, mungkin berguna buat yang lain

    ReplyDelete
  5. Memang banyak sekali manfaat minyak zaitun , share website http://www.zaitun.info informasi mengenai minyak zaitunnya lumayan lengkap, mungkin berguna buat yang lain

    ReplyDelete