Rahasia Tidak Boleh Meniup Makanan dan Minuman

Islam mengajarkan semua hal dalam kehidupan mulai dari yang besar misalnya tata cara bernegara sampai dengan tata cara pergaulan antar manusia. Dari bidang politik, hukum, ilmu penngetahuan, olah raga, kesehatan dan semua bidang kehidupan. Coba ambilkan contoh satuuuuuu aja yang ga ada dalam ajaran Islam. In shaa Allaah Anda tidak akan menemukannya karena sekecil apapun ada hukumnya dalam Islam.

Allaah yang menciptakan kita dan Allaah lah yang maha tau apa yang terbaik untuk kita. Sehingga jika Allaah memerintahkan sesuatu PASTILAH sesuatu itu baik untuk kita dan sebaliknya jika Allaah melarang sesuatu, PASTILAH sesuatu itu tidak baik untuk kita bahkan mungkin akan berbahaya bagi kita.

Salah satu contoh pelarangan Allaah yang mungkin bagi kita adalah sesuatu yang sangat kecil dan tidak bermakna tapi ternyata di dalamnya terkandung manfaat yang sangat besar bagi kesehatan manusia yaitu pelarangan tentang tidak bolehnya meniup makanan atau minuman ketika dalam keadaan panas. 

kenapa tidak boleh meniup makanan dan minuman
Larangan meniup makanan dan minuman
Disebutkan dalam hadis Ibnu Abbas RadhiAllaahu 'anhu bahwa Nabi ShallAllaahu 'alayhi wasallam melarang bernafas di dalam gelas atau meniup isi gelas (H.R. Ahmad 1907, Turmudzi 1888 dan disahihkan oleh Syuaib Al-Arnauth).
dalam hadis lain dari Abu Qatadah RadhiAllaahu 'anhu, Rasuulullaah ShallAllaah 'alayhi wasallam bersabda: "Apabila kalian minum, jangan bernafas di dalam gelas, dan ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan...(H.R. Bukhari 153).

Sekali lagi mungkin bagi kita ini adalah hal yang sepele, tetapi pada kenyataannya setelah dilakukan penelitian ternyata hasilnya air panas (H2O) yang mungkin ada dalam makanan atau minuman kemudian bertemu dengan karbon dioksida (CO2) yang dikeluarkan dari mulut kita melalui tiupan maka persenyawaan tersebut akan menghasilkan H2CO3 yaitu asam karbonat dan jika asam karbonat itu masuk ke dalam tubuh maka akan dapat menyebabkan efek pengeroposan gigi, iritasi lambung dan penyakit lainnya sampai bisa juga menyebabkan sakit jantung.

Jadi alangkah baiknya untuk tidak meniup makanan atau minuman ketika masih panas. Karena dengan tidak melakukan itu dengan niat melaksanakan hadis Nabi atau melaksanakan sunnah, maka kita akan mendapatkan pahala disamping kita tidak akan mendapatkan bahayanya dan tubuh kita akan sehat in shaa Allaah.

Dengan mengikuti sunnah, maka kita akan sehat :)

No comments:

Post a Comment