Bahaya Tidur Setelah Sahur atau Setelah Makan

Apa yang biasa kita lakukan setelah sahur?. Hampir kebanyakan orang akan menjawab “tidur lagi”. Karena memang sangat menggoda dan terasa lebih nikmat ketika kita dalam keadaan kenyang, mata masih mengantuk, apalagi udara di luar masih dingin, lengkaplah sudah untuk mendukung aktivitas tidur kita.

Tapi tahukah Anda bahwa tidur setelah makan (dalam hal ini sahur karena kita sedang berada di bulan suci Ramadhan) sangat berbahaya bagi kesehatan kita?. Puasa yang seharusnya membuat kita sehat tetapi dengan pola kebiasaan baru kita yang salah, malah akan merusak tubuh kita sendiri dan menambah penyakit.

Kenapa kita tidak boleh tidur setelah sahur?. Jawaban yang tepat dari pertanyaan ini pastinya adalah keteladanan Rasulullaah yang tidak pernah mencontohkan kita untuk tidur setelah sahur. Tapi berikut ini akan dipaparkan jawabannya dari segi kesehatan:

  1. Setiap organ dalam tubuh kita mempunyai jam kerjanya sendiri-sendiri. Ketika kita tidur, semua organ yang seharusnya bekerja di dalam tubuh kita metabolismenya akan melambat. Terutama organ usus dan lambung yang seharusnya sedang bekerja mencerna makanan tetapi tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik sehingga makanan sahur kita tidak akan tercerna dengan sempurna. Akibatnya akan terjadi penumpukan gas racun amonia di dalam tubuh akibat makanan yang tidak tercerna dengan sempurna tersebut yang membusuk di dalam usus dan lambung.
  2. Makanan yang tidak tercerna dengan sempurna ini merupakan “makanan empuk” bagi bakteri buruk yang berada di lambung dan usus. Jumlah bakteri buruk yang sedang dominan di organ lambung dan usus ini mempunyai sifat anaerob yang berarti miskin oksigen dan hasil metabolismenya bersifat asam. Bakteri akan menghasilkan ZAT ASAM NITRIT yang sifatnya SANGAT ASAM dan meningkatkan derajat keasaman tubuh yang kemudian akan membebani sistem metabolisme tubuh kita. Tahukah Anda bahwa zat asam nitrit ini SANGAT SANGAT BERBAHAYA bagi liver Anda?.
  3. Dengan adanya zat asam nitrit yang sangat berbahaya ini, maka liver akan bekerja dengan kerasnya untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Sel darah putih kita pun dikerahkan sedemikian rupa untuk melawan bakteri jahat tersebut dan tubuh akan bekerja keras hanya untuk menghilangkan racun. Jika kita ibaratkan tubuh kita ini adalah sebuah negara, maka negara itu tidak akan bisa membangun dan menjadi negara yang kuat ketika tentaranya hanya bertugas melawan musuh-musuh yang datang dan selalu menyerang. Pembangunan pun tidak akan bisa berjalan karena apapun yang kita bangun akan rusak terkena ledakan bom dan serangan-serangan musuh. Sama juga dengan tubuh kita.
  4. Ketika tubuh kita miskin oksigen (anaerob), maka saat itulah sel-sel kanker akan tumbuh dengan mudahnya. Karena ketika tubuh kita asam dan terus bertambah PH keasamannya maka bersiap-siaplah kita akan didatangi tamu baru bernama KANKER. Selain itu kita juga akan mendekati penyakit gula darah atau diabetes jika kita membiasakan diri tidur setelah makan. Na’uudzubillaah min dzaalik.
  5. akibat tidur setelah makan
    Bahaya tidur setelah makan
  6. Maka marilah kita rubah kebiasaan tidur setelah makan. Tidak hanya tidur setelah sahur saja, tetapi tidur setelah makan kapanpun akan berdampak sama. Lakukanlah jalan ringan minimal 100 langkah ketika selesai makan atau lakukanlah aktivitas lain yang berguna dan membuat tubuh kita bergerak aktif. Jika kita benar-benar ingin tidur, tunggulah waktu sekitar 2 jam setelah makan dan miringlah ke arah kanan. Karena saat itu lambung sedang bekerja mencerna makanan dan lambung ada di sebelah kiri dari tubuh kita. sehingga ketika kita tidur dengan miring sebelah kanan, maka kita akan membiarkan posisi lambung bebas dan tidak tertekan.

No comments:

Post a Comment