Manfaat Buah Anggur



Allaah berfirman:
"Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan buah anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allaah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya. (Al-Baqarah:266).

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (An Nahl: 11).

Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah mengatakan “Anggur merupakan buah yang paling baik dan paling banyak manfaatnya. Dapat dimakan dalam keadaan basah dan kering, masih hijau maupun dimasak. Anggur adalah buah bagi buah-buahan yang lain, makanan pokok di antara makanan pokok yang lain, sebagai obat bila disandingkan dengan obat-obatan, dan minuman apabila digabungkan dengan minuman yang lainnya.”

Anggur merupakan salah satu dari tiga raja buah selain kurma dan buah Tin. Anggur berguna untuk menambah berat badan, kandungan gizinya tinggi dan bagus bagi kesehatan. Beberapa manfaat anggur antara lain:
1.     Menjaga jantung agar tetap sehat karena Flavonoid dalam anggur dapat mencegah oksidasi DLD (kolesterol jahat) 20 kali lebih kuat dari pada vitamin E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan alami. Flavonoid terbukti mempunyai efek biologis yang sangat kuat sebagai antioksidan, menghambat pengumpulan keping-keping sel darah serta merangsang oksidasi nitrit yang dapat melebarkan pembuluh darah.
manfaat buah anggur untuk kesehatan
Manfaat buah anggur bagi kesehatan
2.     Antilelah dan antivirus. Gula alami dalam anggur berkhasiat sebagai anti kelelahan dan hipoglikemia. Hasil penelitian di Kanada yang dipublikasikan dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology menunjukkan bahwa jus anggur dapat mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus seperti influenza, polio, dan herpes simpleks tipe I. Karena konsentrasi tannin dalam buah anggur sangat potensial untuk membunuh dan menonaktifkan virus penyebab penyakit.
3.      Penumpas kanker payudara karena antioksidan yang terkandung dalam anggur dapat melindungi tubuh dari radiasi fibrosis yaitu pengerasan jaringan di sekitar payudara akibat radioterapi yang sangat menyakitkan.
4.      Senjata ampun menangkal stroke karena resveratrol pada anggur dapat meningkatkan aliran darah ke otak hingga 30% sehingga dapat mereduksi resiko penyakit stroke. Resveratrol ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.
5.      Sangat baik bagi penderita insomnia karena di dalamnya terdapat melatonin yaitu suatu hormon yang dikenal bisa membantu mengatur jam biologis manusia. Hormon ini muncul di malam hari sehingga bisa membuat orang tertidur pulas.
6.      Mencegah kerusakan gigi karena mengandung senyawa Tannin yang mampu mencegah kerusakan gigi.

Yang perlu Anda ketahui jika kita mengkonsumsi anggur, makanlah dengan kulit dan bijinya. Karena dalam biji buah anggur mengandung zat antioksidan pycnogenol yaitu senyawa yang berfungsi sebagai penguat kolagen dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Senyawa ini juga bersifat antiaging sehingga proses penuaan dapat dihambat karena keampuhannya memperlambat mutasi sel.

Sedangkan di dalam kulit anggur kaya akan kandungan flavonoid. Flavonoid dalam tubuh berfungsi untuk merawat dan membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan sehingga resiko stroke dan darah tinggi bisa dihindari. Riset yang dilakukan Jhon D. Folts, PhD dari University of Winconsin Medical School dalam temuannya terungkap, flavonoid anggur memiliki antioksidan yang lebih besar dibandingkan vitamin C, selain itu anggur juga mempunyai kandungan mineral kalium yang tinggi. Mineral ini mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya stroke.

Tetapi, karena banyaknya pestisida yang telah mengkontaminasi buah anggur, maka sebaiknya anggur dicuci terlebih dahulu apabila akan dikonsumsi.

1 comment: