Cara Mengatasi Demam Anak Secara Alami

Kepanikan pasti akan terjadi ketika buah hati Anda terutama bayi Anda mengalami demam bahkan panas tinggi. Sebagian mungkin akan pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat, sebagian akan langsung mengecek kotak obat untuk mencari obat penurun panas tapi bagi yang tidak mendapatkan salah satu dari kemungkinan itu, mereka hanya akan panik dan menangis karna tidak tau apa yang harus dilakukan di waktu-waktu kritis tersebut, terlebih jika kejadian tersebut terjadi pada tengah  malam.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi demam anak Anda. Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa cara di bawah ini:

1.       Jika Anda seorang muslim, maka Anda bisa melakukan pengobatan dengan metode ruqyah syar’iyyah. Dengan cara membacakan ayat-ayat ruqyah pada anak tersebut (jangan lupa sediakan sebotol air ketika kita membacakan doa ruqyah), kemudian meniup si bayi dan meniupkan juga ke air yang kita bacakan tadi. Setelah itu minumkan air tersebut kepada si bayi dan mengusapkan air doa tersebut ke ubun-ubun dan muka bayi. Terapi ruqyah syar’iyyah ini bisa dilakukan untuk berbagai macam penyakit tetapi harus dilakukan dengan keyakinan yang tinggi akan penyembuhan dengan ruqyah ini.

2.       Jika Anda pernah mendengar atau bahkan pernah mengikuti pelatihan tentang metode SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique), metode ini efektif juga untuk menyembukan banyak macam penyakit melalui tapping (ketukan) di titik-titik tertentu. SEFT ini juga sangat bermanfaat untuk mengobati trauma-trauma, alergi, kepanikan dan lain-lain. Saya sendiri termasuk salah satu testimoni dari metode ini yaitu penyembuhan dari alergi asap rokok. Dulu saya saaaaangat sangat sensitif dengan asap rokok dan saya merupakan detektor asap rokok yang sangat kuat, maksudnya ketika tidak ada seorangpun yang merasakan adanya asap rokok, saya bisa merasakan baunya. Ketika saya mengatakan di sekitar saya PASTI ada yang sedang merokok walaupun tidak ada satupun orang yang percaya karena mereka tidak mencium baunya, tapi ketika dicari, ternyata benar, ada yang merokok di area tersebut. Kejadian tersebut sering sekali terjadi dan sangat mengganggu saya karena kepala saya langsung sakit seperti di remas-remas dengan kerasnya. Setelah diterapi dengan metode SEFT ini, Alhamdulillaah walaupun saya masih bisa merasakan adanya asap rokok (alam sadar saya menyadari bahwa ini asap rokok, ini adalah bau tembakau, tapi hanya sebatas itu, tidak langsung menyebabkan kepala saya pusing seperti dulu). Jadi Anda juga bisa mencoba metode SEFT ini untuk buah hati Anda yang sedang demam tinggi.
 
mengatasi demam anak
Cara alami mengatasi demam anak
3.       Demam akan menyebabkan suhu badan meningkat. Metode alami yang lain adalah dengan menetralkan suhu badan tersebut melalui suhu badan orang tua (baik ibu atau ayahnya), alangkah lebih baiknya jika dilakukan oleh ibunya. Caranya yaitu dengan membuka seluruh baju bayi dan juga ibu dan mendekap bayi tersebut langsung ke tubuh ibu tanpa batasan apapun. Jadi kulit bayi langsung menempel ke kulit ibu. Sehingga biidznillaah ta’aala dengan izin Allaah, suhu badan bayi akan ternormalkan dengan suhu badan ibunya. Perbanyak minum air putih.

4.       Anda juga bisa mengatasi demam dengan cara alami yaitu dengan bawang merah. Ambil kurang lebih 5 butir bawang merah, tumbuklah tapi tidak sampai halus atau bisa juga diparut kemudian tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa atau kalau tidak ada sama sekali bisa dengan minyak goreng. Setelah dicampurkan lalu balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh anak. Jika anak tersebut mau menyusu maka itu lebih baik dan in shaa Allaah akan mempercepat kesembuhan.

5.       Jika ada madu di rumah, maka buatlah ramuan madu. Caranya masukkan madu 1-2 sendok madu terlebih dahulu ke dalam gelas, kemudian masukkan air ke dalamnya dan aduklah (harus madu dahulu yang dimasukkan ke dalam gelas, jangan air dulu baru madu karena akan berpengaruh pada naik turunnnya panas di badan). Minumkan 3 kali sehari. Perbanyak minum air putih.

6.       Air kelapa muda juga bisa dijadikan alternatif untuk penurun panas karena kandungan mineralnya yaitu kaliumnya yang tinggi. Minumkan air kelapa muda maka tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Penanganan ini terutama untuk demam yang disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh.

No comments:

Post a Comment