Yang Perlu Diketahui Tentang Susu

Susu merupakan salah satu makanan atau minuman yang disukai Rasulullaah, nabi Muhammad ShallAllaah ‘alayhi wasallam. Seperti kita ketahui bahwa ketika Rasulullaah menyukai sesuatu pastilah terdapat kebaikan dan manfaat yang sangat banyak di dalamnya. Berikut ini hal-hal yang perlu kita ketahui terkait dengan susu yang diambil dari buku karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah yaitu Metode Pengobatan Nabi:

-  Susu bila diminum dengan madu bisa membersihkan luka dalam dari berbagai materi busuk dan bila diminum dengan gula bisa memperbagus warna kulit.

-      Susu dapat memperbaiki ion tubuh setelah berhubungan intim, cocok sekali untuk orang yang berpenyakit dada danparu-paru, baik untuk mereka yang mengidap penyakit TBC namun kurang baik untuk kepala, lambung, liver, dan limpa.

-  Bila susu terlalu banyak diminum bisa merusak gigi dan gusi. Oleh karena itu setelah meminum susu sebaiknya berkumur-kumurlah dengan menggunakan air. Dalam sahih Bukhari Muslim disebutkan bahwa Nabi Muhammad ShallAllaah ‘alayhi wasallam biasa meminum susu, kemudian meminta diambilkan air untuk berkumur-kumur. Beliau berkata “Susu itu mengandung lemak”.

-  Susu tidak baik bagi orang yang sedang terserang demam dan pusing karena berbahaya bagi otak dan kepala yang lemah. Terlalu banyak minum susu bisa mengakibatkan pandangan menjadi gelap dan bisa menyebabkan rabun senja, sakit persendian, penyumbatan liver, menyebabkan masuk angin pada bagian lambung dan usus. Cara mengatasinya adalah dicampur dengan madu dan jahe yang sudah dibuat semacam selai dan sejenisnya. Itu semua berlaku bagi yang belum terbiasa. Sebenarnya apapun itu, baik makanan maupun minuman ketika sesuatu itu baik dan bermanfaat tetapi dikonsumsi secara berlebihan, maka akan menyebabkan ketidakseimbangan bagi tubuh kita dan akan menyebabkan berkurangnya bahkan hilangnya kemanfaatan makanan atau minuman tersebut atau bahkan akan dapat membahayakan tubuh. Sehingga walaupun sesuatu itu baik, tidaklah baik untuk berlebih-lebihan di dalamnya karena semua memang ada porsinya, semua ada takarannya termasuk tubuh kita terhadap makanan atau minuman tertentu.

manfaat susu sapi
Yang perlu diketahui tentang susu
-    Susu domba termasuk jenis susu yang paling kental dan lembab. Susu ini mengandung protein dan lemak lebih dari kandungan yang dimiliki oleh sapi dan kambing. Tetapi disamping itu susu domba bisa menyebabkan dahak dan ampas serat. Ketika terlalu sering dikonsumsipun bisa menyebabkan panu. Oleh karena itu sebaiknya diminum dengan campuran air agar tubuh tidak terlalu berat menerimanya. Selain itu juga akan lebih mudah menghilangkan dahaga serta mampu mendinginkan badan.

-    Susu kambing sifatnya lembut dan netral, bisa melemaskan otot perut, melembabkan tubuh yang kering, berguna juga mengobati luka tenggorokan, batuk kering dan pendarahan. Susu kambing yang diasamkan (yoghurt) agak sulit masuk ke lambung, padat komposisinya, namun lambung yang panas akan mudah mencerna dan mengambil khasiat darinya.

-  Susu sapi berkhasiat menambah gizi dan menyuburkan badan, bisa juga mengendorkan otot perut secara stabil. Jenis susu ini termasuk yang stabil bahkan yang terbaik dibandingkan susu kambing dan domba dalam kandungan lemak dan kadar kekentalannya. Dalam As-Sunan dari Hadis Abdullaah bin Masùd diriwayatkan secara marfu’ “Hendaknya kalian mengkonsumsi susu sapi, karena sapi itu memakan daun dari setiap pohon”.

-     Susu unta. Susu yang terbaik adalah yang paling putih, yang wangi dan lezat rasanya, yang mengandung sedikit rasa manis dan tingkat lemaknya yang seimbang. Kadar kekentalannya juga stabil, diperah dari hewan yang masih muda dan sehat, tidak terlalu gemuk, digembalakan di tempat yang baik rumput serta airnya, dalam Al-Ahkam disebutkan “..di tempat penggembalaan dan sumber air yang baik..”. Susu seperti itu dapat menghasilkan darah segar yang baik, melembabkan tubuh yang kering, memberikan suntikan gizi yang baik, membebaskan seseorang dari rasa murung, waswas dan berbagai penyakit karena unsur hitam dalam tubuh.

-  Luban/Olibamun/Frankincense disebut juga kundur (bahasa Persia). Diriwayatkan dari Ali bahwa ia pernah berkata kepada seorang lelaki yang mengeluh karena banyak lupa, “Hendaknya engkau mengkonsumsi luban. Karena minuman ini bisa menyemangatkan hati dan menghilangkan penyakit lupa”. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa beliau mengatakan bahwasanya meminum luban dicampur dengan gula lalu langsung ditelan akan berkhasiat memperlancar air seni dan menghilangkan penyakit lupa”.

No comments:

Post a Comment