Manfaat Lemon Bagi Kesehatan


Lemon merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa menghancurkan sel-sel ganas kanker termasuk kanker kolon, kanker payudara, kanker prostat, dan 12 jenis kanker lainnya. Cara kerja lemon ini sangat bagus yaitu hanya menghancurkan sel-sel kanker ganas dan tidak mempengaruhi sel-sel yang sehat, bandingkan dengan obat kemoterapi produk Adriamycin yang biasa digunakan untuk memperlambat sel-sel kanker.

Selain itu banyak sekali manfaat lemon yang bisa langsung dirasakan baik di luar tubuh maupun di dalam tubuh.  Berikut ini ulasan lengkapnya, seperti yang disandingkan tabloid Genie dan Care2 yang dirangkumkan oleh health.okezone .com:

Manfaat lemon untuk rambut berkilau

Air perasan buah lemon bisa dimanfaatkan untuk membuat rambut lebih sehat, licin, dan berkilau. Caranya, campurkan air perasan lemon dengan air untuk mencuci rambut. Atau Anda bisa mencoba alternatif lain, yaitu mencampurkan tiga sdm jus lemon dengan ¾ gelas minyak zaitun dan setengah gelas madu. Oleskan pada rambut dengan bantuan sisir, lalu diamkan selama setengah jam sambil ditutup shower cap. Setelahnya, cuci rambut sperti biasa. Rambut akan berkilau alami.

Manfaat lemon untuk tumit dan lutut

Tumit dan Lutut kering dan kasar dapat diatasi dengan menggosokkan potongan jeruk lemon. Biarkan meresap ke dalam kulit. Kaki tidak perlu dibilas lagi. Paling baik jika didiamkan semalaman.

Manfaat lemon untuk mencerahkan wajah

guna lemon untuk kesehatan
Manfaat lemon bagi kesehatan
Buah lemon bisa di pakai juga sebagai  masker , terutama bagi kulit berminyak. Campurkan air lemon dengan madu dan gunakan sebagai masker. Setelah 10 menit, bersihkan dengan air hangat. Kulit wajah akan lebih cerah. Lakukan secara teratur agar kulit tampak lebih cerah.

Manfaat lemon untuk mulut dan gigi

Beberapa tetes lemon bisa digunakan sebagi obat kumur alami untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Lemon juga dapat sekaligus memutihkan gigi. Caranya, berkumur-kumur dengan air perasan lemon setelah menggosok gigi.

Manfaat lemon untuk menghilangkan noda hitam

Noda hitam atau bekas jerawat bisa kurang, bahkan hilang, bila rajin menggunakan cara ini. Sebelumnya, simpan buah lemon di kulkas agar dingin, lalu potong buah lemon dua bagian. Olesi wajah anda yang bernoda dengan lemon tersebut dengan arah  memutar keluar.  Bila kulit anda berminyak anda bisa mengoleskan lemon pada seluruh wajah agar wajah cerah dan minyak berkurang. Simpan sisa jeruk yang belum terpakai dalam lemari es. Ketika pertama dioleskan, kulit akan sedikti gatal. Itu wajar. Itu wajar. Lama-lama rasa gatal itu akan hilang. Akan tetapi bila kulit terasa perih dan gatal berkepanjangan, segera hentikan pemakaian lalu cuci muka hingga bersih. Itu tandanya kulit anda tidak cocok.

Manfaat lemon untuk Membersihkan sela-sela kuku

Lemon bisa digunakan sebagai alternatif perawatan kuku. Rendam kuku dalam air perasan lemon yang telah ditambahkan sedikit cuka dan air hangat sekitar 10 menit. Lalu gosok perlahan kuku dengan sikat kecil.

Manfaat lemon untuk Mengobati jerawat

Peraslah lemon ke dalam sebuah mangkok. Masukkan 1 gelas penuh susu dan 1 sendok teh gliserin ke dalamnya. Aduk rata dan diamkan selama setengah jam. Oleskan campuran ini pada wajah, tangan, dan kaki sebelum tidur malam. Cara ini akan membantu anda terlihat lebih muda dan cantik. Juga dapat membantu anda mengobati jerawat.

Manfaat lemon untuk kulit berminyak

Peras lemon ke dalam mangkok yang berisi air es. Percikkan ke seluruh wajah, pijat selama 5 menit, dan bersihkan wajah dengan air.

Manfaat lemon untuk Kulit lebih mengkilap dan kulit berminyak

Campurkan setengah sendok teh air lemon dengan satu sendok teh air ketimun dan beberapa tetes air mawar. Oleskan ke wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air.

Manfaat lemon untuk kulit kering dan kasar

Campurkan satu kuning telur dengan beberapa tetes air lemon dan minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan diamkan sampai kulit terasa kering. Bersihkan dengan air dan percikan dengan air es.

Manfaat lemon untuk menghilangkan keletihan pada mata

Ambil masing-masing empat sendok makan air lemon dan air es. Taruh di sebuah kapas dan letakkan pada mata anda(yang tertutup) selama 10 menit.


Manfaat lemon untuk pembersih usus

Rasa pahit yang khas dari buah lemon memiliki kemampuan untuk meningkatkan gerakan peristaltik atau gerakan memompa di perut yang membantu untuk menghilangkan kotoran di perut. Tambahkan air perasan jeruk nipis dalam minuman hangat Anda dan minum secara rutin setiap pagi.

Manfaat lemon untuk kanker

Lemon mengandung 22 senyawa antikanker, termasuk limonene-minyak yang terjadi secara alamiah yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor kanker pada hewan. Lemon juga mengandung zat yang disebut glikosida flavonol yang menghentikan pembelahan sel kanker.

Manfaat lemon untuk atasi pilek dan flu

Lemon kaya akan vitamin C dan flavonoid yang bekerja bersama untuk mengatasi serangan virus pilek dan flu.

Manfaat lemon untuk menetralisir racun

Menyeruput jus lemon segar yang ditambah dengan air di pagi hari dapat menetralisir racun dalam hati Anda.

Lemon Kaya gizi

Kandungan gizi dalam lemon begitu banyak, di antaranya vitamin C, asam sitrat, flavonoid, vitamin B kompleks, kalsium, tembaga, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan serat.

Manfaat lemon untuk mengembalikan keseimbangan pH tubuh

Lemon yang bersifat asam ketika berinteraksi dengan metabolisme tubuh memiliki efek alkalizing pada cairan tubuh dimana bisa membantu mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

Begitu banyaknya manfaat yang bisa dirasakan melalui konsumsi lemon yang juga penulis rasakan langsung sejak mengkonsumsi lemon setiap pagi hari sebelum mengkonsumsi apapun. Badan terasa segar dan aktivitaspun lancar padahal penulis mempunyai maag sejak lama. Hal inipun sangat baik untuk dilakukan oleh mereka yang mempunyai maag parah atau mereka yang mempunyai hepatitis. Insyaa Allaah penyakit itu akan berkurang dan bahkan ada kemungkinan untuk sembuh. Pengalaman ini sudah dialami oleh beberapa penderita maag parah lainnya bahkan penderita hepatitis. Alhamdulillaah hasilnya sangat bagus.

Hanya sebuah sharing penulis, pernah suatu ketika sudah siang sekitar jam 10an pagi dan belum makan apapun sampai perut keroncongan, ketika itu teringat belum mengkonsumsi lemon yang kemudian muncul keraguan apakah sebaiknya mengkonsumsinya atau tidak karena begitu laparnya dan takut melukai lambung. Akhirnya bismillaah penulis langsung mengambil lemon dan mengupasnya seperti biasa (termasuk mengkonsumsi bulir-bulir yang didalam lemonnya karena inilah yang bagus untuk antioksidan tubuh). Ketika ditunggu-tunggu reaksi setelahnya (maksudnya: mual atau muntah) ternyata tidak. Subhaanallah ternyata walalupun sangat kelaparan saat itu dan langsung mengkonsumsi lemon tapi tidak melukai lambung karena lemon walaupun rasanya asam tapi ketika dibelah, dia akan bersifat alkali, basa, dan tidak akan melukai lambung bahkan bisa berfungsi untuk antioksidan bagi tubuh.  Mari kita biasakan untuk mengkonsumsi lemon setiap pagi hari sebelum mengkonsumi apapun, untuk kesehatan kita. A lemon a day, keeps the doctor away.

5 comments:

  1. iyaa ternyata lemon juga bisa jadi krim krimbat dengan dicampur dengan lidah buaya, cek infonya disini:
    http://owlbeauty.blogspot.com/2013/03/creambath-with-aloe-vera-lemon-yuks.html
    semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. selain enak dimakan buahnya ternyata buah lemon banyak khasiatnya
    thanks infonya

    ReplyDelete
  3. Salah satu rahasi Cleopatra, adalah Minyak Zaitun
    #hpai herbal
    http://www.hpaiherbal.com/minyak-zaitun.html

    ReplyDelete
  4. Salah satu rahasia kecantikan Cleopatra adalah Minyak Zaitun
    #hpai herbal
    http://www.hpaiherbal.com/minyak-zaitun.html

    ReplyDelete