Manfaat Talbinah Bagi Kesehatan


Talbinah adalah air rebusan biji gandum, yang nilai gizinya lebih banyak dari tepung gandum. Talbinah banyak dijual dalam bentuk bubuk. Talbinah merupakan salah satu obat yang terkenal sebagai obat bagi penderita maag, tetapi ternyata kegunaan talbinah tidak hanya terbatas pada maag, bahkan banyak sekali penyakit yang membutuhkan talbinah dalam pengobatannya.

Rasulullaah shallaallaah ‘alayhi wa sallam bersabda:
“Talbinah melegakan sanubari orang yang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihan”.
Sehingga talbinah ini bagus juga untuk orang yang terkena penyakit syaraf dan gangguan kejiwaan, bahkan dengan kandungan Betaglocannya bisa menurunkan kolesterol dalam darah, juga karena kandungan magnesiumnya yang tinggi yang notebene magnesium ini sangat baik untuk mereka yang mempunyai penyakit jantung sehingga talbinah ini sangat bagus bagi mereka yang menderita penyakit jantung.

Dari ‘Aisyah adhiAllaahu ‘anha bahwa dia pernah meminta talbinah seraya berkata “Ia adalah sesuatu yang tidak disukai namun bermanfaat”.

Ada beberapa cara menyajikan talbinah, bisa dengan cara merendamnya dengan air, merebusnya atau menumbuknya dan masing-masing cara ini ada kegunaannya secara khusus. Tetapi di antara caranya yang terbaik adalah dengan direbus dan dicampur madu.


Manfaat talbinah
Talbinah
Apabila Anda kesukaran dalam mengolah talbinah, Anda bisa langsung membelinya (bentuknya bubuk) dan bisa langsung dimasak sebentar di atas api atau hanya dicampur dengan air panas dan ditambahkan madu. Pengalaman penulis mengkonsumsi talbinah dengan cara terakhir lebih terasa nikmat dan lebih simple jika dibandingkan dengan memasaknya di atas api. Allaah a’lam.

Berikut ini kegunaan talbinah untuk beberapa penyakit:
  • Apabila ada kelainan asam lambung, maka harus mengkonsumsi makanan-makanan yang berlesitin tinggi dan talbinah adalah salah satu makanan yang berlesitin tinggi selain kedelai.
  • Talbinah juga mengandung magnesium yang tinggi sehingga semua masalah pencernaan bisa diobati dengan talbinah. Karena itulah talbinah sangat terkenal sebagai obat penyakit maag. Selain bisa menyembuhkan masalah pencernaan, talbinah ini dengan kandungan magnesiumnya yang tinggi sangat baik dikonsumsi mereka yang menderita penyakit jantung.
  • Dengan kandungan seratnya yang tinggi, talbinah mampu mengikat asam empedu, membantu pencernaan makanan, meluruhkan lemak dan kolesterol, menstabilkan produksi asam lambung secara alami. Sebagai anti-metik (anti mual), melancarkan urin dan feses dan mengurangi masuk angin serta perut kembung.
  • Serat dalam talbinah juga mampu mengikat zat-zat karsinogenik, karena zat asing dan mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman atau proses pencernaan yang tidak sempurna. Sehingga talbinah baik dikonsumsi untuk menghindari dan menghambat kanker terutama kanker kolon.
  • Bagi anak kecil yang sembelit, maka bisa diberikan talbinah sebagai obatnya.
  • Mereka yang rutin mengkonsumsi talbinah tidak akan bermasalah pada menopous nya karena talbinah mengandung zat vitoestrogen.
  • Juga biasanya mereka yang menopous sering bermasalah di tulang, tetapi jika rutin mengkonsumsi talbinah, insyaa Allaah akan menunda osteoporosis, karena kandungan mata beras dalam talbinah itu sangat bagus bagi mereka yang osteoporosis.
  • Kandungan betaglocan dalam talbinah berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah, sedangkan kandungan vitamin H dalam talbinah berfungsi melemahkan enzim pembentuk kolesterol.
  • Potassium yang terdapat dalam gandum di talbinah berfungsi sebagai penyeimbang antara kandungan air dan garam.
  • Dan masih banyak kegunaan talbinah yang belum disebutkan.

27 comments:

  1. Boleh kah talbinah dikonsumsi lebih dari dua kali sehari??? Karna saya ibu menyusui...saya punya maag shngga tdk bs makan makanan yg tinggi protein sprti susu kacang..makan buah jg tdk bs krna asam...

    ReplyDelete
  2. Insyaa Allaah setauku boleh mba... malah waktu di pelatihan bekam dan herbal itu, talbinah bisa dijadikan.pengganti nasi. So insyaa Allaah bisa dimakan lebih dari dua kali bahkan bisa dimakan saat mba lapar.

    Subhaanallaah waktu diterangkan, kegunaan talbinah itu banyaaak banget ga cuma buat maag. Tapi bisa buat jantung, osteoporosis dan lain-lain. Subhaanallaah.

    ReplyDelete
  3. Saya penderita gastritis kronis, apakah talbinah boleh saya konsumsi kontinyu?? Alias pengganti bubur.

    ReplyDelete
  4. @ Anonymous: Insyaa Allaah bisa dijadikan pengganti bubur atau nasi mba. Bahkan subhaanallaah kandungan gizi dll yang ada di talbinah jaaauuhh melebihi kandungan bubur. Syafaakillaah mba semoga Allaah sembuhkan sakitnya. Amin.
    Afwan hanya sharing yang aku tau. Puasa insyaa Allaah bisa menjadi obat dan jangan lupa rutin di bekam juga ya mba... Biidznillaah ta'aala insyaa Allaah akan sembuh. Laa ba sa tahuurun insyaa Allaah...

    ReplyDelete
  5. just for share..
    Bismillaah,,
    Saya punya maag akut. Waktu itu sedang berkendara sampai harus digantikan. Saya coba googling makanan apa yang pas untuk saya. Karena kalau makan rasanya kembung. Akhirnya setelah beberapa lama teman menganjurkan makan talbinah. Dan saya makan talbinah bisa sampai lebih dari lima kali sehari sebelum makan. Karena pola makan saya juga masih setiap tiga jam. Tapi saya mengolahnya tidak banyak. hanya satu sendok talbinah setiap sebelum makan. Alhamdulillaah,, banyak sekali perbaikan. Termasuk saya tidak lagi mengenakan kacamata silinder setelah konsumsi talbinah. Allaah Maha Besar,,

    ReplyDelete
  6. Ass,,, saya sekarang lagi mencoba terapi talbinah karana saya punya asam lambung,,,terapini saya sudah lakukan sekitar sebulan,,,tapi kok belum terasa efeknya,,,kadang malah jadi sembelit,,,apa saya salah cara bikinnya yack,,,

    ReplyDelete
  7. kalau di kota saya Palembang dimana saja produk ini bisa didapatkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, untuk wilayah kota palembang, langsung saja ke jl. Angkatan 66 turun dikit ada lorong, di sana ada agen obat herbal termasuk Talbinah, Trim' s !!!

      Delete
    2. Mohon maaf, untuk wilayah kota palembang, langsung saja ke jl. Angkatan 66 turun dikit ada lorong, di sana ada agen obat herbal termasuk Talbinah, Trim' s !!!

      Delete
  8. Cara makan talbinah agar tidak eneg diapakan ya?

    ReplyDelete
  9. untuk mba Anonymous, Jazaakillaah khair atas sharingannya. Sangat bermanfat.Alhamdulillaah....senang sekali mendengar mba merasakan banyak perbaikan.

    Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Anonymous, Allaahu a'lam kenapanya. Tapi kalau sembelit kemungkinan terjadinya biasanya disebabkan karena kurangnya cairan alias kurang minum atau mungkin disebabkan karena mengkonsumsi makanan-makanan yang membuat feses susah untuk keluar contohnya buah salak. Saran saya sebaiknya mba biasakan untuk minum air hangat setiap setelah bangun tidur sebelum turun dari tempat tidur. Ini akan membantu melunakkan feses dan juga sebagai terapi enzim yang bagus untuk pencernaan. Dicoba ya mba...

    Untuk produk talbinah bisa dibeli di toko-toko online mba.Insyaa Allaah banyak. untuk gambar produk yang saya tampilkan itu in shaa Allaah produsennya saya kenal, mereka sepasang ustad dan ustadzah. Jadi in shaa Allaah saya yakin mereka akan sangat berhati-hati dalam pembuatannya.

    @mba Eah Ruhiyah, cara makan talbinah biar ga eneg coba ditambahkan madu atau sari kurma mba... nanti akan terasa lebih manis in shaa Allaah. Selamat mencoba ya mba...

    ReplyDelete
  10. saya mo mencoba talbina... tapi saya penderita diabetas apa boleh ya....? mksh mhn koment.nya

    ReplyDelete
  11. Bolehkah mengolah talbinah dgn susu kedelai panas&madu?
    Nb: saya penderita kolesterol
    trm ksh..

    ReplyDelete
  12. talbinah produk aman karena tanpa bahan tambahan..insyaallah cocok untuk smua masalh lambung.

    ReplyDelete
  13. talbianah aman,alami,insayaallah terbukti.

    ReplyDelete
  14. Bismillah
    Barokallohufik
    Cara pesan talbinahnya bagaimana ?
    soalnya tidak ada nomo yg bisa di hubungi nya
    sukron.

    ReplyDelete
  15. Mohon maaf sekali untuk semuanya karena baru cek blog lagi.

    JazaakAllaahu khair atas jawaban pak Slamet. BaarakAllaahu fiik.
    @ pak Tatang: Wafiik baarakAllaah. Kalau di Jakarta, coba Bapak hubungi tempat bekam Assabil, di sana jual tabinah juga plus bisa langsung konsultasi dengan Ustad Katur Suhardi. Alamatnya di

    Ruko Supomo Office Park, Blok P-Q No.142A, Tebet Barat Jakarta Selatan
    Tlp : 021 3255 3232

    ReplyDelete
  16. Kalau saya ingin membeli talbinah, di daerah tangerang ada dimana ya? Terima kasih

    ReplyDelete
  17. Untuk Anonymous. Talbinah banyak di jual di toko-toko herbal. Jika ingin membeli di Jakarta, ada di Assabil Jakarta Selatan. Alamatnya:
    Ruko Supomo Office Park Blok P-Q, Tebet Barat
    +62 21 3255 3232
    +628 1234567 266

    ReplyDelete
  18. Apakah talbinah bisa membantu mengobati batu ginjal? Krn byk pantangan buat penyakit ini... trmksh...

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum, , maaf mba. Saya mau tanya untuk cara memasaknya apakah talbinah cukup diseduh air panas saja (seperti bubur bayi) sudah bisa disantap atau harus diatas kompor? Dan untuk teksturnya yg tepat seperti apa yaa, apakah kental berair atau cukup seperti bubur sun?? Terima kasih.

    ReplyDelete
  20. ass..wr.wb. maaf mba saya penderita tukak lambung kronis kmren smpe diopname krna feses nya berdarah. skg yg saya rasakan sakit perut disebelah kanan smpe kepinggang dan pundak. . saya mau coba talbinah boleh mba. dab cara pesan nya gmna mba. alamat saya dikota Lahat (SUMSEL) . trims

    ReplyDelete
  21. Ass. wr.wb.
    Maaf mba. salam kenal dari saya. saya penderita tungkak lambung yg sdah luka kmren hbis opname di Rs smpai feses kluar keitaman. skg keluhan saya tegang diperut sebelah kanan smpau kepinggang dan pundak.. kira2 boleh tdak saya konsymsi talbinah nya mba. dan gmna caranya saya pesen talbinah nya. saya di Kota Lahat Symatera selatan. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh Mas. Mohon maaf sebelumnya, sebaiknya salam ditulis lengkap karna salam adalah doa.

      Tentang talbinah mohon maaf juga saya sudah tidak jualan lagi karna sudah pindah tempat tinggal. Sebagai alternatif Mas bisa beli talbinah online.

      Semoga Allaah berikan kesembuhan segera. Aamiin.

      Delete
  22. Masyaa allaah bgt byk manfaat yg dpt di rasakan oleh tubuh kita dr talbinah tsb....sy penderita maag...silinder...insyaa allaah akan segera sy konsumsi talbinah...jazaakumullaahu khairan katsiran mba aisyah herbal yg tlh berbagi ilmunya...smg mjd pemberat timbangan antum kelak diakhirat ktk harta,keluarga tak lg berharga dipengadilan Allaah subhaanahu wata'aalaa...aamiin

    ReplyDelete
  23. Bolehkah ibu hamil memakan bubur talbinah?.soalnya selama hamil maag saya terus sakit.saya kira karna mual muntah faktor hamil.ternyata maag saya jg sakit

    ReplyDelete
  24. assalamu'alaykuum.. Ibu hamil boleh tidak makan talbinah

    ReplyDelete