Macam-macam Penyebab Muntah dan Tipsnya

Ada yang belum pernah muntah?. Pastinya insyaa Allaah pernah semua kan ya?. Tapi ada yang pernah tau gak apa penyebabnya kita bisa muntah?. Ok deh biar cepet aja, aku tuliskan sepuluh penyebab muntah yang dikatakan oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Ini dia:
  1. Penyebab muntah karena kelebihan empedu kuning sehingga menyerang bagian atas lambung
  2. Penyebab muntah karena kelebihan semacam dahak kental dan lengket yang terkadang masuk dan mengganggu lambung dan perlu dikeluarkan.
  3. Penyebab muntah karena lemahnya lambung sendiri sehingga lambung tidak bisa mencerna makanan dengan baik sehingga terpaksa dibuang melalui jalur atas (mulut).
  4. Penyebab muntah karena bercampurnya makanan dengan zat busuk sehingga mengganggu pencernaan dan melemahkan reaksinya.
  5. Penyebab muntah karena terlalu banyak makan atau minum melebihi takaran yang bisa ditampung oleh lambung sehingga tidak bisa dipertahankan dan terpaksa dibuang atau dikeluarkan.
  6. Penyebab muntah karena karena makanan atau minuman yang tidak sesuai dengan selera atau tidak cocok dengan lambung sehingga menuntut untuk dibuang atau dikeluarkan.
  7. Penyebab muntah karena ada unsur dari dalam lambung yang mengguncang makanan berupa reaksi tubuh, perubahan infrastruktur dan sejenisnya yang menyebabkan makanan harus dipaksa keluar.
  8. Penyebab muntah karena adanya semacam "kerak" sisa makanan yang menyebabkan rasa mual dan ingin muntah.
  9. Penyebab muntah karena adanya faktor psikologis seperti beban fikiran yang berat, kesedihan yang mendalam, karena jiwa dan energi tubuh secara alami bekerja terlalu keras, terlalu banyak berfikir seperti mengurus tubuh, mengolah makanan, mematangkan dan mencernanya, sehingga lambung menolak. Bisa juga terjadi goncangan dalam perut akibat tekanan jiwa/stress. Tubuh dan jiwa manusia memang bisa menimbulkan reaksi pada diri seseorang sehingga mengganggu sistem metabolisme yang ada pada tubuh.
  10. Penyebab muntah karena goncangan fisik yang tersugesti melihat orang yang muntah sehingga ia ikut muntah tanpa sebab. Karena memang fisiknya tanpa sadar tergerak sendiri.
mengatasi muntah
Cara menangani muntah
Lalu sebaiknya apa yang harus dilakukan ketika kita ingin muntah?. Apapun yang menjadi penyebab muntah kita, yang sebaiknya kita lakukan pada saat itu adalah memuntahkannya. Karena muntah bisa membersihkan perut dan memperkuat lambung juga bisa mempertajam pandangan mata, menghilangkan penat di kepala, berguna untuk mengatasi luka ginjal, kantung kemih serta berbagai penyakit menahun seperti lepra, busung, bahkan sakit gigi dan stress serta penyakit hepatitis/sakit kuning.

Namun perlu diketahui bahwa terlalu banyak muntah bisa merusak lambung sehingga justru memancing datangnya kotoran, membahayakan gigi, pandangan mata dan pendengaran. Bahkan bisa juga menimbulkan pusing. Muntah juga harus dihindari oleh orang yang sedang mengalami radang tenggorokan atau lemah paru-paru, lemah tulang leher, mudah mengalami muntah darah atau sulit membersihkan muntah.

Adapun kiat yang dilakukan banyak orang yang tidak bijaksana dengan cara makan sebanyak-banyaknya sehingga lambung penuh, kemudian dimuntahkannya kembali, jelas akan menimbulkan banyak mudharat. Diantaranya adalah mempercepat proses penuaan (cepet tua) dan menyebabkan banyak penyakit berbahaya, bahkan dapat menjadikan muntah sebagai kebiasaan baginya.

Muntah yang dilakukan saat perut kering atau pencernaan lemah, tubuh terlalu kurus atau badan terlalu lemah, juga berbahaya. Saat muntah, sebaiknya mata dipelototkan, perut dipegang erat-erat. Selesai muntah, segera mencuci muka dengan air dingin, saat perut dalam keadaan kosong. Setelah itu hendaknya meminum jus apel dicampur sedikit mastic. Air mawar juga berkhasiat sekali memulihkan kondisi tubuh. Muntah berfungsi membersihkan bagian atas lambung, atau menarik makanan dari bawah lambung. Yang paling baik memang buang air besar. Hippocrates menandaskan, "pada musim panas, hendaknya proses cuci perut dilakukan dari bagian atas (muntah), lebih banyak dari proses melalui obat pencahar, sedangkan pada musim dingin yaitu kebalikannya, proses cuci perut sebaiknya dilakukan dari bawah (buang air besar). Allaahu a'lam bish shawab.

1 comment:

  1. saya sudah sebulan lebih tidak bisa makan, setiap kali mau makan, lambung lagsung bereaksi sehingga muntah sebelum makanan masuk kedalam mulut. Untuk menjaga tenaga saya hanya minum energen. Tolong dibantu jalan keluarnta karena sudah dirawat inap dirumkit selama satu minggu tapi tidak ada perubahan. Alamat email saya : emthahir@gmail.com. tks.

    ReplyDelete