Tips Membedakan Madu Asli atau Palsu



Seperti yang pernah ditulis di sini tentang begitu banyaknya manfaat madu,  kita juga perlu mengetahui perbedaan antara madu asli dan madu yang aspal yaitu asli tapi palsu. Namun perlu digarisbawahi bahwa semua cara mendeteksi madu palsu atau asli hanyalah sekedar cara mengetahui kemungkinan suatu madu itu adalah madu murni atau madu campuran. Tetapi untuk bisa memastikan bahwa madu tersebut adalah madu murni atau bukan, harus melalui penelitian laboratorium.

Ada tiga cara ampuh untuk membedakan madu asli dengan madu palsu:

1. Isikan madu ke dalam gelas sampai terisi 1/3 gelas. Lalu tuangkan air putih sampai penuh ke dalam gelas kemudian diaduk. Jika madu tersebut asli, maka air campuran tersebut akan berwarna keruh (coklat), ini karena madu tersebut masih mengandung sari bunga. Tetapi jika air campuran itu berwarna agak bening (agak kuning), maka bisa dikatakan bahwa madu itu palsu.

2. tuangkan madu ke dalam 1 sendok makan hingga ½ atau ¾ nya, kemudian panaskan sendok yang terisi madu tersebut di atas lilin. Jika madu itu asli, maka jika sudah mendidih, madu tersebut akan mengeluarkan busa dan madu itu pasti akan tumpah meleleh keluar dari sendok. Kemudian setelah dingin, aduk-aduklah dengan menggunakan lidi dan jika madu tersebut diangkat dengan lidi masih terasa lembut, tidak terbentuk kawat tipis seperti gulali.

Akan tetapi jika sudah mendidih madu tersebut akan mengeluarkan busa, kemudian busa dan madu itu tidak akan tumpah meleleh keluar dari sendok. Kemudian setelah dingin aduk-aduk madu tersebut dengan menggunakan lidi dia akan terasa agak keras dan akan membentuk kawat tipis.

3. siapkan toples gelas, isikan potongan ikan mentah ke dalam toples dan rendam dengan madu. Jika madu tersebut asli, maka setelah 2 minggu potongan ikan itu akan menciut/susut dari bentuk aslinya dan tidak membusuk. Akan tetapi jika setelah 2 minggu potongan ikan tersebut tidak menciut dan mengeluarkan bau yang menyengat, maka bisa dipastikan madu tersebut adalah palsu.

Apabila Anda mencari madu asli atau madu murni, klik di sini untuk alternatif pembelian, insyaa Allaah.

3 comments:

  1. Membedakan madu Asli dan madu palsu sebenarnya mudah dengan cara masukkan madu asli tersebut di kulkas selama 2 minggu, kalo beku berarti palsu kalo gak beku berarti asli. Mudah kan

    ReplyDelete
  2. manfaat madu sangat banyak untuk kesehatan ataupun untuk pengobatan, akan tetapi sangat banyak sekali beredar madu palsu yang pastinya sangat meresehkan. terimakasih banyak infonya.

    ReplyDelete
  3. terimakasih untuk informasinya

    ReplyDelete